Niat Sholat Sunnah Tarawih dan Sholat Sunnah Witir

Daftar Isi

Pengertian serta niat sholat tarawih dan sholat witir lengkap:

1. Sholat Tarawih. adalah sholat yang dikerjakan pada bulan suci ramadhan. Hukum mengerjakan sholat tarawih adalah sunnah atau dianjurkan.

Sholat tarawih bisa dikerjakan dengan 4 rakaat, 8 rakaat dan 20 rakaat, sebaiknya ambil atau kerjakanlah dengan jumlahan yang paling banyak yakni 20 rakaat agar lebih utama. Setelah sholat tarawih biasanya dilanjutkan dengan sholat witir.

Berikut niat sholat tarawih lengkap dengan tulisan arab dan tulisan latin atau Indonesia.

Niat sholat tarawih:

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﺘَّﺮَﺍﻭِﻳْﺢِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ( ﻣَﺄﻣُﻮﻣًﺎ /ﺇﻣَﺎﻣًﺎ ‏) ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Ushalli sunnatat taraawiihi rak'ataini (ma'muman/imaman) lillahi ta'alaa" Artinya: "Saya niat sholat tarawih dua rakaat menjadi (ma'mum/imam) karena Allah ta'alaa"

   *Pilih salah satu dalam kurung, ma'muman bila menjadi ma'mum dan imaman bila menjadi imam.

2. Sholat Witir, merupakan sholat yang biasa dikerjakan setelah sholat terawih, pertengahan atau akhiran malam. Tanda sholat witir adalah bilangan rakaat sholatnya ganjil dan sering dikatakan sebagai sholat penutup.

Bilangan/jumlah rakaat pada sholat witir beragam, ada yang 1 rakaat, 2 rakaat dan 3 rakaat tetapi maksimal adalah 11 rakaat. Hukum mengerjakan sholat witir adalah sunnah atau dianjurkan.

Hadits Tentang Kebebasan Memilih Rakaat Dalam Sholat Witir

ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍَﻟْﻮِﺗْﺮُ ﺣَﻖٌّ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻓَﻤَﻦْ ﺍَﺣَﺐَّ ﺍَﻥْ ﻳُﻮْﺗِﺮَ ﺑِﺨَﻤْﺲٍ ﻓَﻠْﻴَﻔْﻌَﻞْ ﻭَﻣَﻦْ ﺍَﺣَﺐَّ ﺍَﻥْ ﻳُﻮْﺗِﺮَ ﺑِﺜَﻠَﺎﺙٍ ﻓَﻠْﻴَﻔْﻌَﻞْ ﻭَﻣَﻦْ ﺍَﺟَﺐَّ ﺍَﻥْ ﻳُﻮْﺗِﺮَ ﺑِﻮَﺍﺣِﺪَﺓٍ ﻓَﻠْﻴَﻔْﻌَﻞْ
Rasulullah sholallahu alaihi wasalam, bersabda: “Witir itu adalah hak dari setiap muslim, siapa yang lebih suka witir 5 rakaat, maka kerjakanlah, dan barang siapa yang lebih suka witir 1 rakaat, maka kerjakanlah” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i)

Berikut niat sholat witir dalam 3 varian yakni 3 rakaat, 2 rakaat, dan 1 rakaat agar lebih jelas dan lengkap.

Niat sholat witir 3 rakaat satu kali salam:

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺛَﻠَﺎﺙَ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ( ﻣَﺄﻣُﻮﻣًﺎ / ﺇﻣَﺎﻣًﺎ ‏) ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa" Artinya: "Saya niat shalat witir tiga rakaat menjadi (ma'mum/imam) karena Allah ta'alaa"

Niat sholat witir 2 rakaat salam:

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ‏( ﻣَﺄﻣُﻮﻣًﺎ /ﺇﻣَﺎﻣًﺎ ‏) ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Ushallii sunnatal witri
rok'ataini (ma'muman/imaman) lillaahi ta'aalaa" Artinya: "Saya niat sholat witir dua rokaat menjadi (ma'mum/imam) karena Allah ta’alaa"

Niat sholat witir 1 rakaat salam:

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺭَﻛْﻌَﺔً ‏( ﻣَﺄﻣُﻮﻣًﺎ /ﺇﻣَﺎﻣًﺎ ‏) ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
"Ushallii sunnatal witri rok 'atan (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa" Artinya: "Saya niat sholat witir satu rokaat menjadi (ma'mum/imam) karena Allah ta’alaa"

   *Pilih salah satu dalam kurung, ma'muman bila menjadi ma'mum dan imaman bila menjadi imam.

Sumber: http://www.mishba7.com/2015/07/lafadz-niat-sholat-tarawih-dan-witir.html?m=1

Posting Komentar